machu picchu

Fakta di Balik Peninggalan Bersejarah Machu Picchu

Posted on

MITEKAITE – Machu Picchu adalah salah satu situs bersejarah paling terkenal di dunia. Situs ini terletak di pegunungan Andes, Peru, dan merupakan peninggalan peradaban Inca yang pernah berjaya. Reruntuhan Machu Picchu memiliki banyak misteri dan keindahan yang menarik perhatian banyak orang. Apa saja fakta menarik di balik situs peninggalan bersejarah Machu Picchu? Mari kita simak bersama.

Mereka yang Membangun Machu Picchu

Situs Machu Picchu dibangun oleh bangsa Inca pada abad ke-15 Masehi. Bangsa Inca adalah salah satu peradaban paling maju di Amerika Selatan, yang menguasai wilayah yang meliputi Peru. Tak hanya Peru, tetapi juga Bolivia, Ekuador, Kolombia, dan Chile. Bangsa Inca dikenal sebagai ahli arsitektur, astronomi, matematika, pertanian, dan seni.

Bagi yang belum tahu, Machu Picchu adalah salah satu dari banyak kota yang dibangun oleh bangsa Inca. Kota yang diduga merupakan tempat tinggal atau tempat suci bagi para pemimpin Inca. Memiliki lebih dari 200 bangunan yang terbuat dari batu-batu besar yang disusun dengan rapi tanpa menggunakan semen. Bangunan-bangunan tersebut meliputi kuil-kuil, istana-istana, observatorium, gudang-gudang, dan teras-teras pertanian.

 

Penemuan Machu Picchu

Selanjutnya, Machu Picchu tidak diketahui oleh dunia luar sampai tahun 1911. Pada saat itu, seorang penjelajah Amerika bernama Hiram Bingham sedang mencari kota Inca lainnya yang disebut Vilcabamba. Ia mendengar cerita tentang sebuah kota tua di pegunungan dari seorang petani setempat. Berbekal info tersebut ia kemudian menyewa seorang pemandu untuk membawanya ke sana.

Saat Bingham tiba di Machu Picchu, ia terpesona oleh keindahan dan kemegahan situs tersebut. Ia mengira bahwa ia telah menemukan Vilcabamba, tetapi sebenarnya ia salah. Vilcabamba ternyata berada di tempat lain. Meskipun begitu, penemuan Bingham menjadi sensasi dunia dan membuat Machu Picchu terkenal.

 

Misteri di Balik Machu Picchu

Machu Picchu masih menyimpan banyak misteri yang belum terpecahkan. Salah satunya adalah mengapa bangsa Inca meninggalkan kota ini tanpa jejak. Beberapa teori mengatakan bahwa ditinggalkan karena wabah penyakit, perang saudara, atau serangan dari Spanyol.

Misteri lainnya adalah bagaimana bangsa Inca bisa membangun kota ini dengan teknologi yang terbatas. Bagaimana mereka bisa mengangkut batu-batu besar yang beratnya mencapai puluhan ton dari jarak jauh? Lalu bagaimana mereka bisa menyusun batu-batu tersebut dengan presisi tinggi tanpa menggunakan alat-alat modern? Terus bagaimana mereka bisa membuat sistem irigasi dan drainase yang canggih? Bagaimana mereka bisa mengaturnya sesuai dengan siklus matahari dan bulan?

 

Daya Tarik Machu Picchu

Berikutnya, Machu Picchu adalah sebuah kota kuno yang dibangun oleh bangsa Inca pada abad ke-15. Bagi yang belum tahu, kota ini terletak di puncak gunung yang dikelilingi oleh lembah-lembah hijau dan sungai-sungai berliku. Ya, memiliki lebih dari 200 bangunan yang terbuat dari batu-batu besar yang disusun dengan presisi tanpa menggunakan semen. Reruntuhan bangunan itu mencerminkan keahlian arsitektur, astronomi, dan agama bangsa Inca.

 

Berbagai Bangunan Canggih dan Menarik

Salah satu bangunan yang paling menarik di Machu Picchu adalah Intihuatana. Intihuatana adalah sebuah batu berbentuk piramida yang berfungsi sebagai jam matahari bagi bangsa Inca. Batu ini juga dipercaya sebagai tempat untuk berkomunikasi dengan dewa-dewa.

Bangunan lain yang menarik adalah Temple of the Sun. Temple of the Sun adalah sebuah kuil yang didedikasikan untuk dewa matahari, Inti. Terdapat jendela-jendela yang canggih. Jendala tersebut mengarah ke titik-titik tertentu di langit saat matahari terbit dan terbenam pada solstis dan ekuinoks.

Ada juga Temple of the Three Windows. Temple of the Three Windows adalah sebuah kuil yang memiliki tiga jendela besar yang menghadap ke lembah Sungai Urubamba. Jendela-jendela ini melambangkan tiga dunia dalam kosmologi Inca. Yakni dunia atas (Hanan Pacha), dunia tengah (Kay Pacha), dan dunia bawah (Uku Pacha).

Selain itu, ada Temple of the Condor. Temple of the Condor adalah sebuah kuil yang menyerupai bentuk seekor burung kondor. Yang merupakan salah satu hewan suci bagi bangsa Inca. Mungkin digunakan sebagai tempat pengorbanan atau tempat pemakaman.

Terakhir, ada Huayna Picchu. Huayna Picchu adalah sebuah gunung yang menjulang di belakang Machu Picchu. Gunung ini memiliki jalur-jalur pendakian yang menantang dan pemandangan yang spektakuler dari kota Inca. (redaksislot deposit pulsa tanpa potongan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *