Ron DeSantis

Mengenal Sosok Ron DeSantis, Saingan Berat Donald Trump Di Pilpres Amerika Serikat  

Posted on

MITEKAITE – Selain Indonesia, ternyata negara Adidaya Amerika Serikat juga akan menjalankan pemilu tahun 2024 nanti. Salah satu kandidat yang banyak mencuri perhatian adalah sosok Ron DeSantis. Uraian di bawah akan membawa Anda lebih mengenal Ron DeSantis.

Profil Singkat Ron DeSantis

Merupakan Gubernur Florida, dirinya dikabarkan akan mencalonkan diri sebagai presiden Amerika Serikat di 2024 mendatang.

Menjadi penduduk asli dari negara bagian AS yakni Florida, lelaki berusia 44 tahun ini sudah banyak berkarir di sektor publik. Misalnya, selama sekolah di Harvard Law School, Ron bertugas sebagai Perwira Angkatan Laut AS.

Setelah dinyatakan lulus, Ron bergabung dengan Korps Advokat Umum Hakim sebagai pengacara dan bertugas di kamp penjara Militer.

Bertempat di Teluk Guantanamo, Kuba, Ron mengawasi perlakuan terhadap para tahanan. Lalu ia dipindahkan ke Irak untuk bergabung menjadi Tim Navy SEAL. DeSantis juga pernah menjadi Asisten Pengacara AS di Florida.

Hal itu dijalaninya sebelum akhirnya menerima ajakan untuk menduduki kursi kongres AS tahun 2012. Lanjut dengan mencalonkan diri sebagai gubernur di tahun 2008.

Selama menjabat sebagai gubernur, ia dijuluki sebagai Gubernur Konservatif yang agresif dan berprestasi dalam perang budaya di AS.

Di luar kehidupan politik dan sosialnya, Ron adalah anak muda dengan bakat bisbol yang menonjol di masa lalunya. Ia bahkan pernah mewakili skuad Dunedin di Little League World Series tahun 1991.

Pernah mengajar di sekolah menengah sebelum akhirnya melanjutkan pendidikan ke Harvard Law Shool.

 

Dukungan Dari Donald Trump

Saat menjabat sebagai gubernur di Florida, DeSantis dikenal ke seluruh negara bagian Florida. Kesuksesannya banyak tidak disukai saat memenangkan nominasi Partai Politik.

Dalam proses pemilihan, DeSantis mendapat dukungan penuh dari Trump. Bahkan tak segan memujinya di iklan TV dan sesi kampanye yang membuat Ron berhasil memenangkan pemilu dengan selisih tipis.

Totalitas Trump dalam mendukung bahkan sampai membuatnya tega untuk menuduh rekannya karena pertimbangan untuk menentangnya dalam pencalonan presiden.

 

Hak Eksekutif Terkuat

Berhasil menang tipis tidak membuat Ron yakin bahwa ia harus memerintah dengan konsensus. Dalam pidatonya baru-baru ini, dia memiliki mandat untuk mengambil keuntungan penuh atas kekuasaan yang diberikan pada gubernur.

Dengan mantap ia menggunakan kekuatan tersebut untuk mempengaruhi undang-undang, bahkan menghukum orang yang mengkritiknya.

Dia juga mengemas pengadilan, dewan negara bagian hingga kantor sebagai sekutu. Banyak pengamat politik yang mengatakan bahwa ia adalah gubernur paling berkuasa dalam sejarah negara bagian tersebut.

 

Kebijakan Kontroversial

Ketika dunia sedang siaga satu dalam menghadapi serangan Covid-19, Ron justru menentang semua kebijakan yang dianjurkan pemerintah pusat.

Salah satunya, Ron menolak mandat penggunaan masker yang dianjurkan oleh pemerintah AS. Bahkan menolak aturan vaksinasi dan bertekad menjaga bisnis pariwisata di Florida tetap buka ketika semua negara menutup diri karena Covid.

Sejak saat itu, Ron dikenal sebagai tokoh di Partai Republik yang kritis dalam melawan kebijakan yang menurutnya terlalu progresif.

Apa yang dilakukannya ini cukup disukai oleh para pendidik hingga banyak perusahaan, meski terlihat sangat membahayakan.

DeSantis menjadi tokoh pengkritik yang dinilai gigih dalam melawan kebijakan imigrasi federal. Di tahun 2022, dia mendapat banyak pujian dari kaum konservatif saat menyewa 2 pesawat untuk menerbangkan migran Venezuela.

 

Penerbangan itu dilakukan dari Texas ke Massachusetts, tapi keputusannya ini dikutuk keras oleh golongan Demokrat. (redaksi: situs slot online )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *